Memahami Fakta dan Opini

 

Pernah temukan kalimat fakta maupun  opini dalam berbagai teks. Pasti pernah kan? Kadang-kadang agak bingung juga cara membedakannya. Kalau fakta mudah saja kita dapatkan dalam banyak berita. Teks ini pasti melaporkan sebuah peristiwa yang sedang terjadi di lapangan. Terus, bagaimana dengan opini? Opini lebih sering kita jumpai dalam teks editorial. Ya, tulisan yang memuat pandangan  atau sikap resmi redaktur surat kabar terhadap sebuah isi yang sedang hangat dibicarakan.

                         Sumber foto: www. fixabay.com

Dari penjelasan di atas dapat kita tarik sebuah kesimpulan. Fakta dan opini jelas dua hal yang berbeda dan tidak boleh disamakan. Ayo, dicermati penjelasan ini biar tidak bingung lagi! Hal yang membedakan fakta dan opini adalah  pada apa yang didapatkan secara nyata.  Fakta itu  didasarkan pada peristiwa yang terjadi. Apakah itu dulu ataupun sekarang. Kalau opini dilatari asumsi atau pendapat beberapa pihak.

Untuk lebih lengkapnya,  menurut Rusydi Ananda dalam buku Perencanaan Pembelajaran (2019), fakta adalah pengetahuan yang berhubungan dengan data spesifik. Data tersebut bisa berupa hal yang sedang terjadi atau sesuatu yang bisa diuji serta diobservasi (diamati) lewat penelitian. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan. Sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Sementara opini adalah pendapat, pikiran, atau pendirian.

Intinya, fakta  itu berisi keadaan atau peristiwa yang memang terjadi. Sementara opini memuat pendapat atau pikiran  dan tanggapan seseorang tentang sebuah kejadian. Kesimpulannya, perbedaan fakta dan opini adalah: Fakta didasarkan pada apa yang didapatkan secara nyata. Sementara opini dilatari pada asumsi atau pendapat.

                                                                                    Penulis: Wahyudi Hamarong

Posting Komentar untuk "Memahami Fakta dan Opini"