Paragrap Berdasarkan Tujuannya

1.                      

:

  

                Paragrap Berdasarkan Tujuannya

                                                                                                         Foto: Dokumen Penulis

a.     Paragrap Narasi, Paragrap yang bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seolah-olah mengalami sendiri kejadian itu. Dalam paragrap narasi kita akan menemukan  tiga unsur utama sebagai bahannya. Pertama, adanya tokoh-tokoh;kedua,kejadian; ketiga adanya latar atau ruang dan waktu.

Contoh:

Setibanya di puncak tangga, dengan sangat perlahan. Ia berjalan ke tengah-tengah jembatan lalu menaiki pagar pengamannya. Sesaat perhatian tercuri oleh gelak tawa pemuda-pemuda yang sedang nongkrong. Akan tetapi, gelak tawa bukan lagi hal yang menyenangkan  baginya. Mati, hanya kata itu yang kini punya arti.

b.  Paragrap Deskripsi, Paragrap yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu. Paragrap ini menggambarkan  sesuatu hal dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Hal yang digambarkan bisa tentang keindahan alam, keadaan jasmani, watak, atau perasaan seseorang.

Contoh:

Ketika itu saya berada dalam sebuah ruangan berukuran enam  kali delapan meter. Dalam ruangan itu terdapat dua tempat tidur kecil dan satu kamar mandi. Tidak banyak benda dalam ruangan itu. Hanya sebuah meja kecil dengan ukurannya dan dipasangkan  kursi yang tertata rapi. Saya ketika itu berada dalam kamar penginapan. Kamar yang berwarna biru muda memberikan rasa sejuk dalam udara pantai yang begitu panas (“Pantai”, Popy Susilawati).

c.   Paragrap Eksposisi, paragrap yang memaparkan  sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannnya agar pembaca mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya.

Contoh:

Sementara itu, Sri Hindaryati Dahana mengungkapkan, anggaran pendidikan yang disiapkan  Pemprov NAD dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2002 tergolong besar, yaitu sebesar Rp 705,7 miliar atau sekitar 44,9 persen dari total APBD NAD yang mencapai Rp 1,57 triliun. Di pihak lain, ia menyoroti kecilnya anngaran yang disiapkan Pemprov NAD untuk masalah ketenagakerjaan yang hanya 0,1 persen atau sebesar Rp 2,3 miliar.

d.     Paragrap Argumentasi, paragrap yang mengemukakan alasan, contoh, dan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan. Tujuannya, untuk meyakinkan pembaca sehingga mereka membenarkan pendapat, sikap, dan keyakinan kita.

Contoh:

Kalau melihat persiapan yang efektif hanya enam bulan, memang sulit jika atlet Indonesia harus bisa mendulang medali lebih banyak. Vietnam yang berambisi membuat sejarah menjadi juara umum di hadapan masyarakat sendiri, sudah melakukan persiapan hampir dua tahun. Pemerintah Vietnam menganggarkan  dana mencapai miliaran agar mereka bisa menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Keikutsertaan mereka pada Sea Games 2002 Busan tak lain sebagai ajang pemantauan prestasi Atlet setelah mendapatkan pembinaan sejak satu tahun sebelumnya. Oleh karena itu, wajar jika Vietnam  sekarang mampu  menjadi yang terbaik di Asean. Adapun Thailand, persiapan mereka hampir satu tahun. Atlet Thailand yang selama ini dianggap  sebagai kekuatan olahraga di Asean, tak berdaya menghadapi Atlet Vietnam.

e.     Paragrap Persuasi, Paragrap yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengimbau, membujuk, merayu pembaca, sehingga ia tergiur atau terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis.

Contoh:

Apa yang bisa dilakukan dalam mengatasi kemiskinan? Banyak! Kita bisa mulai dari komunitas kita.Diskusikan bagaimana kemiskinan telah merampas hak-hak kita untuk mendapatkan pendidikan, Kesehatan yang layak, dan akses lainnya. Bangun solidaritas bersama. Rancang aksi-aksi yang bisa dilakukan. Intinya adalah satukan keinginan kita. Cari peluang dan media di mana suara kita dapat didengarkan oleh semua pihak bahwa kemiskinan harus dihentikan dan kita siap terlibat.

Daftar Pustaka

Kosasih, E. 2014. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia untuk SMA/MA. Bandung:Yrama Widya.   Paragrap Berdasarkan Tujuannya

Posting Komentar untuk "Paragrap Berdasarkan Tujuannya"