Memahami Teks Sastra

 

                                                                            Sumber foto: www. pixabay.com

Menganalisis dan Membandingkan Elemen Instristik Teks Sastra

Menganalisis dan membandingkan elemen instristik pada teks sastra merujuk pada kegiatan menganalisis dan membandingkan unsur-unsur intristik teks sastra. Unsur atau elemen instristik karya sastra terdiri atas kejadian, karakter, latar/setting, konflik dan alur cerita. Untuk memahami teks sastra, hal yang harus ditentukan adalah sebagai berikut.

a.   Ringkasan peristiwa dan alur.  Alur adalah rangkaian  peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan kea rah klimaks dan penyelesaian. Sementara itu, peristiwa adalah kejadian (hal, perkara, dan sebagainya) yang benar-benar terjadi. Kejadian  dalam suatu teks informasi atau sastra dapat berupa hal luar biasa (Menarik perhatian dan sebagainya)

b. Karakter/tokohSuatu cerita dibangun dari sebuah peristiwa atau kejadian yang saling berhubungan. Nah, dalam peristiwa ini, tentu ada subjeknya. Inilah yang disebut tokoh. Setiap tokoh akan  mengalami suatu kejadian atau peristiwa. Kejadian atau peristiwa inilah yang menggerakkan tokoh, baik tokoh utama maupun tokoh bawahan. Tokoh juga  memiliki karakter atau sifat yang dapat dianalisis sesuai perbuatan dan perkatannya.

c.   KonflikKonflik merupakan permasalahan yang dialami tokoh dalam cerita. Konflik juga dapat diartikan sebagai peristiwa atau pertentangan atau pertikaian yang terjadi antartokoh baik, baik secara individu maupun kelompok. Adapaun penyebab konflik dapat terjadi karena adanya:

      ·       Perbedaan antarperseorangan.
·       Perbedaan kebudayaan
·       Perbedaan kepentingan
·       Perubahan sosial yang terlalu cepat
·       Perbedaan pandangan

d.   Setting atau latarSetting atau latar adalah atmosfer dalam cerita yang mencakup; tempat, waktu, dan suasana dalam cerita.      

 Dalam menganalisis sebuah teks  sastra, dilakukan identifikasi unsur-unsur teks tersebut. Tiap unsur dikaji, lalu dicari hubungan  di antara unsur-unsur yang satu dengan unsur lainnya. Dapat pula dilakukan perbandingan  antarunsur, seperti membandingkan karakter seorang tokoh dengan tokoh lain, membandingkan suasana cerita, membandingkan latar tempat, dan sebagainya.

Literatur:  Erlangga Xpress AKM Literasi Membaca (ditulis ulang oleh Wahyudi Hamarong)

2.      

   

    

Posting Komentar untuk "Memahami Teks Sastra"