Unsur-Unsur Paragrap

A.  Pengertian

Paragrap adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu  kesatuan pokok pembahasan. Paragrap merupakan satuan bahasa lebih besar daripada kalimat. Meskipun demikian, paragraph masih merupakan  bagian dari satuan bahasa lainnya, yang disebut wacana. Suatu wacana umumnya dibentuk lebih dari satu paragrap.

B.  Unsur-Unsur Paragrap

Secara umum, paragraph dibentuk oleh dua unsur, yaitu gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas.

  1. Gagasan utamaGagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar  pengembangan  sebuah paragraph. Gagasan utama paragraph mungkin terletak di awal ataupun akhir paragraph. Ada pula gagasan utama  yang berada di awal dan akhir paragraph secara sekaligus.
  2. Gagasan penjelas. Gagasan penjelas adalah gagasan yang fungsinya menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas umumnya dinyatakan oleh lebih dari satu kalimat.

 C.  Hubungan Gagasan Utama dengan Gagasan Penjelas

     Perhatikan paragrap di bawah ini!

Keamanan merupakan salah satu hal penting dalam berkendara. Berbagai macam peningkatan treknologi digali dan ditingkatkan demi mendapatkan keamanan sekaligus kenyamanan, mengemudikan mobil di jalan. Ketika kendaraan berada di permukaan  jalan yang licin, terlapis es, atau jalan bebatuan ada kemungkinan terjadi slip dan tergelincir, sehingga membahayakan keselamatan. Dengan adanya kemajuan teknologi, kemungkinan kecelakaan dapat diperkecil.

Gagasan utama paragrap di atas adalah Keamanan merupakan salah satu hal penting dalam berkendara. Gagasan tersebut terdapat dalam kalimat pertama. Kalimat-kalimat yang terdapat setelahnya adalah gagasan penjelas.

 D.   Paragrap Berdasarkan Letak gagasan Utamanya 

  • Paragrap Deduktif,  paragrap yang letak gagasan utamanya terletak di awal                paragrap.  Gagasan utama atau pokok persoalan paragraf dinyatakan dalam kalimat  pertama.                    

           Contoh: 

Satu-satunya bidang pembangunan yang tidak mengalami imbas krisis ekonomi sektor-sektor bidang pertanian. Misalnya, perikanan masih meningkat cukup mengesankan, yaitu 6,65 persen; demikian pula perkebunan, yang meningkat 6,46 persen. Walaupun terkena kebakaran sepanjang tahun , sector kehutanan masih  tumbuh 2,95 persen. Secara umum, kontribusi dari sector-sektor pertanian terhadap produk domestic bruto (PDB) meningkat dari 18,07 persen menjadi 18,04 persen. Padahal selama 30 tahun terakhir, pangsa sector pertanian merosot dari tahun ke tahun. 

  •   Paragrap Induktif, paragrap yang gagasan utamanya terletak diakhir paragrap                           Mula-mula dikemukakan fakta-fakta ataupun uraian-uraian. Kemudian dari fakta-fakta itu                       penulis menggeneralisasikan ke dalam sebuah kalimat.

        Contoh:

Baik di Indonesia maupun di negaranya sendiri, Shin-chan  tidak dianggap sebagai role model yang baik untuk anak-anak. Protes pun bermunculan. Ruang surat pembaca di koran-koran dipenuhi dengan keberatan para orang tua terhadap komik yang laris manis itu. Umumnya surat itu datang dari kalangan ibu. Menurut mereka dalam suratnya, kelakuan negative Shin-chan ternyata diikuti oleh anak-anak. Shin-chan , di mata para orang tua Indonesia, adalah setan kecil penebar virus.

  •  Paragrap Campuran. paragrap yang gagasan utamanya terletak pada awal kalimat                      pertama        dan kalimat terakhir. Dalam paragrap  ini terdapat dua kalimat utama. Dalam hal ini           kalimat terakhir umumnya mengulang gagasan  yang dinyatakan  kalimat pertama dengan   sedikit          tekanan atau variasi.

     Contoh:

     Saya berkeyakinan kalau Indonesia memfokuskan diri pada sector agrobisnis, tidak ada negara lain     yang mampu menandingi kita. Agar reformasi tersebut dapat terjadi, yang over valued harus                  dihindari. Memang, krisis ekonomi sementara berlangsung, telah mengoreksi nilai tukar kita. Dalah       hal ini, pemerintah tidak perlu memaksa rupiah menguat, tetapi biarkan  mekanisme pasar       menemukan   keseimbangnnya. Yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan diri terhadap nilai tukar   yang ada dengan mendorong industri-industri yang mampu survive pada nilai tukar yang ada, yakni   agrobisnis. Bagi sector agrobisnis, semakin melemah rupiah—asal stabil--, akan semakin baik.   Apabila   sektor ini sudah berjalan dengan baik, tidak mustahil negara kita akan menjadi salah satu   negara ekonomi tertangguh di dunia.

 Sumber: Kosasih, E. 2014. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia         SMA/MA.   Bandung:Yrama Widya.

Posting Komentar untuk "Unsur-Unsur Paragrap"